Friday, June 26, 2009

Enaknya Bisnis Online Apa Yah? (1)


Bagi seorang pemula, tentunya masih bingung mau memilih binis online apa. Jenisnya pun terkadang masih ga tau. Alih-alih salah pilih, ntar malah rugi: ya rugi uang, ya rugi waktu. Jadi, enaknya bisnis online apa yah?

Bisnis online ada banyak macemnya: ada PTR, PTC, periklanan, jualan e-book, forum, nyimpen file,pertemanan, dll. Hmm at least, itu yang aQ tau sejauh ini :D

PTR alias Paid To Review
PTR ini kalo mau diartikan secara sederhana maksudnya adalah qta dibayar untuk melakukan review suatu blog/website, dan review tersebut wajib terpampang di blog qta selamanya. Atau dengan kata laen, pihak yang punya blog/website itu minta qta melakukan promosi di blog qta.
Untuk menjatuhkan pilihan pada PTR, wajib punya blog. Knp? Ya untuk menampilkan hasil review yang dibuat tersebut.
Ada beberapa company PTR raksasa yang sudah cukup dikenal oleh para blogger, antara laen Blogsvertise (bv), Pay Per Post (ppp), ReviewMe (rm), SponsoredReviews (sr), dan BuyBlogReviews (bbr). Akan tetapi, kalo untuk seorang pemula, aQ sarankan untuk mendaftarkan blog anda ke bv. Knp? Karena based on my experience, bv adalah yang terbaik memberikan job. Dalam arti kata, walopun pay out rate rata2nya adalah $10, tapi job yang diberikan cukup sering. Dalam 1 bulan bisa mencapai 7-8 jobs. Lumayan kan?! Oiya, setidaknya PR (page rank) blog yang didaftarkan min 3 (walopun alexa nya masih jutaan, hehehe..).

PTC alias Paid To Click
PTC ini maksudnya qta dibayar untuk nge-klik setiap iklan yang diberikan. Mudah memang. Rata2 setiap iklan yang diklik dibayar Rp. 100 atau $0.01. Menjatuhkan pilihan pada PTR sama sadja dengan pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, hehehe.
Ada banyak PTC tapi aQ ga cukup mengenal mereka, sorry :(

Periklanan
Periklanan yang aQ maksud di sini adalah seperti Google Adsense, Bidvertise, dan AdsenseCamp. Untuk ikut periklanan ini, wajib punya blog. Knp? Ya untuk menempatkan iklan tersebut di blog qta. Nah, sistemnya setiap kali ada yang klik iklan di blog qta, qta dapet bayaran. Ga banyak juga si. Periklanan ini juga sama seperti PTC, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, hehehe..

Forum
Nah, kalo di forum ini, qta dibayar untuk setiap memberikan pendapat atau membuat topik baru. Sistemnya pake poin. Jadi kalo udah mencapai batas poinnya, baru bisa ditukarkan dengan uang.

...to be continued

0 comments:

 

mywannabee Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino